Friday, September 17, 2010

Modal Utama Menjalankan Bisnis Internet

Nah, ternyata bisnis apapun tetap memerlukan modal kan... Jadi tidak ada hukumnya cari duit tanpa modal. Tapi modal itu juga bermacam2 bentuknya, bukan hanya duit, skill juga modal utama dalam menjalankan bisnis online. Ini adalah beberapa modal yang secara umum diperlukan di bisnis internet.

1. Mampu menggunakan komputer dan internet. Mutlak!! Ini adalah kemampuan yang super wajib. Dari yang paling sederhana, mulai browsing, chatting, email, dll. Seiring intensitas anda dalam berkelana di internet nanti kemampuan/skill lainnya akan dapat anda kuasai. 

2. Bahasa Inggris.Nah, banyak yang mengeluhkan soal tidak bisa bahasa inggris. Tapi percayalah, modal kemampuan bahasa inggris ini sangat diperlukan dalam bisnis internet. Sekecil apapun kemampuan anda akan sangat berguna nantinya. Saat ini banyak layanan internasional yang sudah memberi fasilitas bahasa indonesia, facebook contohnya. Tapi, jangan manja, tetap gunakan bahasa Inggris, setiap kesulitan bahasa yang anda hadapi adalah ilmu yang secara otomatis akan anda pelajari.

3. Menulis. Anda kesulitan menulis kata-kata? Kesulitan mendeskripsikan apa yang anda alami dalam bentuk tulisan? Berlatihlah! Dengan sering menulis, anda akan terbiasa bermain dengan kata. Dan nantinya skill ini bisa anda gunakan dalam membuat blog, adsense, affiliate program dll. 

4. Komunikasi. Jangan berpikir kalau bisnis online tidak berhubungan dengan orang lain secara langsung. Bisnis Online tidak melulu terbatas pada keyboard dan layar monitor saja. Anda harus belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, dalam bentuk lisan atau tulisan.

5. Marketing. Bisnis pasti membutuhkan pemasaran, promosi dll. Hal ini adalah kunci keberlangsungan bisnis anda. Kemampuan membaca pasar, kemampuan mempromosikan, dll.

6. Membuat Design. Ini sebenarnya adalah amunisi pendukung. Tidak mutlak dikuasai, tapi akan sangat membantu anda nantinya. Belajarlah dari paling sederhana, mengedit photo dll.
.
7. Membuat Web. Nah ini dia, mulai saja dengan membuat blog, pelajari karakter blog, mulai dari html dll. Setelah anda menguasai hal ini, anda tidak perlu keluar uang untuk membayar jasa webdll. Investasi yang penting kan..:D

8. SEO. Anda punya web tapi tidak punya kemampuan SEO. Bagaimana web anda bisa dikunjungi oleh visitor. SEO mencakup mulai riset keyword, pemilihan keyword, dan yang paling penting adalah membaca karakter keyword yang paling disukai oleh search engine.

Susah?? Bisa iya bisa tidak :D Tergantung keseriusan kita... Jangan terlalu sering mencari dan membaca trik dan tips saja. Coba Praktekkan, kalo kebanyakan teori nanti bikin kita mikir melulu tanpa praktek....:D

Ketekunan + Kerja Keras + Strategi yang tepat = Kesuksesan!!


Salam..........

0 comments:

Post a Comment