Saturday, September 18, 2010

Persiapan sebelum memulai Bisnis Online

Bisnis Internet macam apa sih yang ingin anda lakukan?

Riset! Riset jenis-jenis bisnis online yang ada, pahami setiap kekurangan dan kelebihannya. Ini ada beberapa point yang perlu anda siapkan sebelum memulai apa yang disebut bisnis online:D

1. Anda harus memahami total tentang macam-macam bisnis internet. Anda harus memahami karakternya, sistem kerjanya, dll. Jangan pernah percaya dengan info yang mengatakan kalo Bisnis Online adalah Bisnis yang gampang, bisnis yang bisa bikin cepat kaya, bisnis yang tidak perlu skill apa-apa, dll. Sekali anda terjebak dengan hal itu maka yang akan anda dapatkan hanya frustasi dan rasa putus asa saja dalam menjalani bisnis online ini...;)

2. Pilih Bisnis Online yang sesuai dengan kemampuan anda. Kalau anda hobi menulis, anda bisa membuat bisnis melalui blog. Kalau anda ingin bisnis affiliasi, maka anda harus pintar-pintar berpromosi. Coba gali potensi anda, sesuaikan dengan jenis bisnis online yang ada.

3. Seperti yang sudah dibahas di posting sebelumnya, yang namanya bisnis internet pasti berhubungan dengan komputer dan tetek bengeknya. Anda harus punya kemampuan dalam hal ini. Karena ini adalah sarana satu-satunya dalam bisnis ini. Bekali diri anda dengan kemampuan teknis, bitambah dengan sedikit kemampuan dan pengetahuan tentang web, blog, html, css.

4. Bahasa Inggris. Bagaimanapun juga internet adalah dunia global, universal, maka, bagaimanapun juga kemampuan bahasa inggris akan sangat berperan dalam menkalani bisnis ini. Anda cari dollar kan? Dollar itu berbahasa inggris lho..:D

5. Credit Card atau Rekening Bank. Kali tidak punya Kartu kredit masih nggak masalah, masih bisa pake VCC. Tapi kalo rekening bank ya wajib punya dong, mau ditaruh dimana nanti penghasilan anda dari bisnis ini :). selain itu anda juga harus punya akun di pembiayaan online seperti paypal. Sebagian besar bisnis online menggunakan paypal sebagai sara transaksinya, untuk pengertian dan segala macam tentang paypal akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.

6. Jangan pernah berhenti mencari. Entah mencari informasi, riset produk, tutorial, dll. Informasi baru datang setiap detiknya, sebagai pebisnins online, anda wajib mengetahui perkembangannya.

7. Jangan buru-buru keluar uang. Banyak yang menawarkan ebook, tutorial, dan kita harus membayar untuk mendapatkannya. Gunakan Google dong, banyak tutorial dan ebook2 yang bisa didapat gratis. Belum tentu yang kita beli nanti akan sesuai dengan yang kita harapkan. Hal ini berlaku juga untuk hosting, cari dulu yang gratisanm nanti kalo anda sudah merasa mantabs, baru anda bisa mulai memperhitungkan untuk membeli.

8. Dan yang utama adalah sabar. Tidak ada uang yang datang tiba-tiba. Semua perlu proses, proses yang dijalani terus menerus secara konsisten. Buat prioritas untuk hal-hal yang akan anda lakukan, bikin target dan perjuangkan agar target anda bisa terpenuhi.

Sementara cukup ini saja yang bisa kita persiapkan sebelum menuju ke langkah selanjutnya. Sedikit demi sedikit lama-lama kan jadi bukit :D

Salam.......

0 comments:

Post a Comment